Categories: BeritaTips

Cuaca Buruk Meningkatkan Risiko Aquaplaning di Jalan Tol

Indonesia memasuki musim penghujan di akhir tahun, sebuah periode yang menuntut para pengemudi mobil untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintasi jalan tol. Jusri Pulubuhu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) serta seorang praktisi Keselamatan Jalan Raya, menekankan pentingnya perhatian terhadap fenomena aquaplaning yang sering terjadi saat musim hujan.

Aquaplaning, yaitu kondisi di mana ban mobil kehilangan cengkeraman di permukaan jalan akibat melintasi genangan air dalam kecepatan tinggi, dapat membahayakan karena mengakibatkan hilangnya kendali mobil. Untuk menghindari risiko aquaplaning, Jusri menyarankan untuk secara rutin memeriksa umur dan tekanan angin ban, serta segera mengganti ban yang sudah tidak layak atau aus.

Hal ini penting untuk memastikan kondisi ban dalam keadaan optimal saat berkendara di musim hujan. Selain itu, Zulpata Zainal, Manajer Uji Kendaraan di PT Gajah Tunggal Tbk., menjelaskan bahwa dua faktor yang meningkatkan risiko aquaplaning adalah tekanan udara ban yang kurang serta penempatan ban yang tidak tepat.

Zulpata menekankan bahwa kondisi ban, seperti alur ban yang sudah mencapai batas minimum pada Tread Wear Indicator (TWI), tekanan udara ban yang terlalu rendah, lebar telapak ban yang tidak sesuai, dan penempatan ban yang tidak tepat dapat memperbesar kemungkinan terjadinya aquaplaning. Saat ban mengalami kekurangan tekanan udara, kendali mobil menjadi terpengaruh dengan lambatnya respons, peningkatan jarak pengereman, menurunnya stabilitas, dan sulitnya pengendalian mobil.

Oleh karena itu, keselamatan berkendara saat musim hujan dapat ditingkatkan dengan memastikan kondisi ban mobil selalu dalam keadaan optimal. Memeriksa secara rutin umur dan tekanan angin ban, serta mengganti ban yang sudah aus, menjadi langkah yang sangat penting. Semua upaya ini akan membantu pengemudi dalam menjaga kendali mobil dan mengurangi risiko kecelakaan di jalan tol selama musim hujan.

pelatchat

Recent Posts

Di Era Prabowo BBM Tidak Lagi Disubsidi, Akan Diganti Dengan Uang Tunai

Di tengah perubahan kepemimpinan, mekanisme pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) tampaknya akan mengalami pergeseran.…

5 days ago

Macet Puncak Bogor Hingga Belasan Jam dan Seorang Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

Kemacetan parah kembali menghantui Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad…

2 weeks ago

Wajib Menunjukan QR Code Pertamina Ketika Ingin Membeli BBM Subsidi

Kebijakan baru siap diterapkan mulai 1 Oktober mendatang, membeli BBM bersubsidi seperti Biosolar dan Pertalite…

1 month ago

Siap-Siap Beli BBM Subsidi Pertalite Akan Dibatasi, Harus Punya Aplikasi MyPertamina!

Pemerintah kembali menyiapkan kebijakan yang mungkin akan mengundang berbagai reaksi. Kali ini, Kementerian Energi dan…

1 month ago

Pungutan Liar Sebesar Rp5000 di SPBU Pertamina Denpasar Bali

Sebuah video viral yang beredar di media sosial menunjukkan seorang petugas SPBU di Denpasar, Bali,…

2 months ago

Jokowi Meninjau Tol IKN Dengan Motor Modifikasi

Bersama menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para artis, Presiden Jokowi meninjau tol Ibu Kota Nusantara…

2 months ago