Categories: BeritaViral

Maraknya Penjualan Pelat Dinas Palsu di Online, Perlu Tindakan Tegas

Belakangan ini, kita sering melihat insiden di mana pemilik mobil menunjukkan perilaku arogan dan terkadang mereka menggunakan pelat dinas palsu. Mobil-mobil ini seringkali dilengkapi dengan lampu strobo yang mengganggu dan pengemudi yang tidak sabaran. Baru-baru ini, kita menyaksikan seorang pemilik Toyota Fortuner yang bersikap arogan dan mengintimidasi pengguna jalan lain. Tidak hanya itu, ada juga pengemudi Pajero yang menggunakan pelat dinas palsu dan mengemudi ugal-ugalan, meningkatkan risiko bagi orang lain di jalan.

Yang membuat situasi ini semakin memprihatinkan adalah kenyataan bahwa pelat dinas palsu dapat ditemukan dengan mudah melalui mesin pencarian online. Harga pelat-pelat palsu ini bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Seharusnya, pelat nomor kendaraan, baik itu kendaraan sipil maupun dinas, hanya dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang. Membuat pelat palsu di luar lembaga Kepolisian dapat dianggap sebagai pelanggaran hukum.

Beberapa saat yang lalu Pengemudi Toyota Fortuner yang arogan dan tersebar videonya di Instagram akhirnya tertangkap. Pengguna pelat dinas Polisi palsu tersebut berinisial M (26) dan sudah tertangkap.

Budiyanto, seorang Pemerhati Masalah Transportasi, menegaskan bahwa banyak penjual pelat palsu beroperasi di pinggir jalan atau di pasar-pasar terbuka, menunjukkan adanya kelemahan dalam pengawasan. “Pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dalam bidangnya seharusnya bekerja sama untuk mengatasi masalah ini dan mengawasi tempat-tempat yang menawarkan jasa pembuatan pelat nomor,” ujar Budiyanto.

Budiyanto juga menjelaskan bahwa hanya Kepolisian Republik Indonesia yang memiliki wewenang untuk menerbitkan, membuat, dan mencetak Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). “Jadi, tindakan membuat atau mencetak TNKB di luar Kepolisian dapat dianggap sebagai pelanggaran hukum,” tambahnya.

pelatchat

Recent Posts

Di Era Prabowo BBM Tidak Lagi Disubsidi, Akan Diganti Dengan Uang Tunai

Di tengah perubahan kepemimpinan, mekanisme pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) tampaknya akan mengalami pergeseran.…

6 days ago

Macet Puncak Bogor Hingga Belasan Jam dan Seorang Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

Kemacetan parah kembali menghantui Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad…

2 weeks ago

Wajib Menunjukan QR Code Pertamina Ketika Ingin Membeli BBM Subsidi

Kebijakan baru siap diterapkan mulai 1 Oktober mendatang, membeli BBM bersubsidi seperti Biosolar dan Pertalite…

1 month ago

Siap-Siap Beli BBM Subsidi Pertalite Akan Dibatasi, Harus Punya Aplikasi MyPertamina!

Pemerintah kembali menyiapkan kebijakan yang mungkin akan mengundang berbagai reaksi. Kali ini, Kementerian Energi dan…

1 month ago

Pungutan Liar Sebesar Rp5000 di SPBU Pertamina Denpasar Bali

Sebuah video viral yang beredar di media sosial menunjukkan seorang petugas SPBU di Denpasar, Bali,…

2 months ago

Jokowi Meninjau Tol IKN Dengan Motor Modifikasi

Bersama menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para artis, Presiden Jokowi meninjau tol Ibu Kota Nusantara…

2 months ago