Plat Nomor Khusus RF Diganti Menjadi Z

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri baru aja nentuin pelat nomor khusus buat motor yang dulu pake huruf RF, sekarang diganti jadi huruf Z.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Yusri Yunus, bilang kalo pelat nomor yang huruf akhirannya Z bisa dipake sama pejabat Eselon 1, Eselon 2, Kementerian dan Lembaga, sama TNI/Polri. Tapi nomor pelatnya tetep pake angka satu ‘1’ di depannya.

“Tetap 1 (angka depannya), kalau nomor khusus enggak apa-apa saya buka tapi kalau nomor rahasia enggak. Polisi yang tadinya ‘RFP’ jadi ‘ZZP’, Angkatan Darat ‘ZZD’, kan gitu semuanya kepala 1, angka 1,” kata Yusri dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/6).

Yusri juga nambahin kalo mulai Oktober 2023, pelat nomor yang dipake pejabat dan pake kombinasi huruf RF, QH, IR itu enggak akan ada lagi. Kalo ketemu lagi, berarti pelat nomornya palsu. Penertiban pelat RF ini dilakuin karena banyak banget mobil yang ngeluarin pelat nomor khusus dan rahasia padahal mobilnya gak seharusnya dipake gitu. Seharusnya pelat ini cuma boleh dipake sama orang yang lagi tugas atau dinas di instansi pemerintahan.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar