Di Era Prabowo BBM Tidak Lagi Disubsidi, Akan Diganti Dengan Uang Tunai

Di tengah perubahan kepemimpinan, mekanisme pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) tampaknya akan mengalami pergeseran. Di bawah pemerintahan baru presiden terpilih Prabowo Subianto, subsidi pada jenis bensin pertalite dan diesel biosolar kemungkinan besar akan digantikan dengan skema Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat.

Burhanuddin Abdullah, Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, menegaskan bahwa subsidi energi selama ini seringkali tak tepat sasaran. Menurutnya, masyarakat miskin yang seharusnya menerima manfaat terbesar, justru tidak merasakan dampak signifikan dari subsidi BBM, sebab banyak dari mereka yang tak memiliki kendaraan.

Dengan mengalihkan subsidi menjadi BLT, pemerintah ingin memastikan bantuan langsung menyentuh mereka yang benar-benar membutuhkan. Skema ini tidak hanya akan lebih tepat guna, namun juga diproyeksikan mampu menghemat anggaran negara hingga Rp200 triliun, menjadi langkah konkrit untuk penyaluran bantuan yang lebih efisien dan berdampak.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar