Categories: Tips

Berapa Kali Ban Kendaraan Boleh Ditambal?

Guys, jangan terlalu sering pake ban yang sering ditambal ya!

Eh, sebenarnya berapa kali sih ban di mobil boleh ditambal?

Nambalin itu salah satu solusi buat ngatasi ban mobil yang bocor. Selain cepet banget, biayanya juga gak bikin kantong bolong. Gak lama kok prosesnya, mobil bisa langsung dipake lagi setelah ditambal. Tapi ternyata ada batasannya juga pas nambal ban nih.

Dikutip dari laman Dunlop Indonesia, paling banyak nambal ban itu boleh sampe empat kali sesuai rekomendasi dari pabrikan. Kok empat kali sih? Soalnya konstruksi ban bisa melemah dan gak akan kuat nahan beban kalau udah keseringan ditambal. Jadi, kalo ban mobil udah ditambal sampe empat kali, lebih baik diganti aja biar gak ada hal yang gak diinginkan terjadi.

Gak cuma itu aja, ban yang penuh tambalan juga berisiko bahaya buat pengendara. Ban bisa bergetar karena permukaannya jadi gak rata setelah ditambal. Getaran itu bikin nyaman banget deh pas lagi nyetir.

Selain itu, ban yang sering ditambal juga bisa rusak lapisannya. Kalo lapisannya udah rusak, ban bakal gampang bocor lagi. Makanya, kalo udah sering ditambal, langsung aja diganti.

Ban yang penuh tambalan juga bisa bikin kecelakaan loh. Apalagi kalo tambalannya di sisi samping ban. Sisinya kan biasanya terbuat dari thread dan karet. Tambalan yang ada di sisi samping bisa gangguin struktur ban secara keseluruhan, jadi gak kuat nahan berat mobil. Akhirnya, ada risiko ban bocor atau bahkan pecah di jalan, bisa-bisa kecelakaan deh.

Selain jumlah tambalan, jarak antara tambalan juga harus diperhatiin. Kalo jaraknya terlalu deket, takutnya kekuatannya jadi berkurang. Pastiin jarak antara satu tambalan sama tambalan lainnya minimal 20 cm.

Oh iya, jangan lupa juga perhatiin ukuran kebocoran di ban. Kalo udah sobek parah, lebih baik diganti daripada ditambal. Nambal ban juga gak bisa sembarangan loh. Pastiin prosesnya dilakukan dengan rapi biar gak ganggu performa dan kenyamanan pas nyetir.

pelatchat

Recent Posts

Di Era Prabowo BBM Tidak Lagi Disubsidi, Akan Diganti Dengan Uang Tunai

Di tengah perubahan kepemimpinan, mekanisme pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) tampaknya akan mengalami pergeseran.…

7 days ago

Macet Puncak Bogor Hingga Belasan Jam dan Seorang Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

Kemacetan parah kembali menghantui Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad…

2 weeks ago

Wajib Menunjukan QR Code Pertamina Ketika Ingin Membeli BBM Subsidi

Kebijakan baru siap diterapkan mulai 1 Oktober mendatang, membeli BBM bersubsidi seperti Biosolar dan Pertalite…

1 month ago

Siap-Siap Beli BBM Subsidi Pertalite Akan Dibatasi, Harus Punya Aplikasi MyPertamina!

Pemerintah kembali menyiapkan kebijakan yang mungkin akan mengundang berbagai reaksi. Kali ini, Kementerian Energi dan…

1 month ago

Pungutan Liar Sebesar Rp5000 di SPBU Pertamina Denpasar Bali

Sebuah video viral yang beredar di media sosial menunjukkan seorang petugas SPBU di Denpasar, Bali,…

2 months ago

Jokowi Meninjau Tol IKN Dengan Motor Modifikasi

Bersama menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para artis, Presiden Jokowi meninjau tol Ibu Kota Nusantara…

2 months ago