Dengan Rp 500 Juta Bisa Buat Pelat Nomor Nama Pribadi

Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi, lagi bikin usulan buat orang-orang yang mau pesan plat nomor custom dengan nama pribadi. Katanya kalo kita mau pake nama orang di plat nomor, kita harus keluarkan duit Rp 500 juta! Gila ya, harganya bisa bikin kelimpungan buat kita orang yang kaum mendang mending!

Firman bilang usulannya ini bener-bener realistis, duit dari biaya ini bisa nambahin pemasukan negara bukan dari pajak atau PNBP. Mungkin dia berpikir, daripada pajak makin gede, mendingan pake cara ini buat tambahin duit negara.

Firman juga punya ide lagi kalo ada dua orang yang pesen pelat nomornya pake nama yang sama, yang bisa dapetin cuma yang bayarnya lebih tinggi. Jadi, kalo mau plat nomor sama kayak orang lain harus siap-siap ngeluarin duit lebih banyak.

Terus ada juga si Habiburokhman, dia tuh Wakil Ketua Komisi III DPR, yang nanggepin usulan si Firman. Dia bilang, ide ini emang bagus juga, katanya selain bisa mencegah penipuan plat nomor yang palsu, kayak yang dilakuin si Mario Dandy yang menjadi pelaku penganiayaan David Ozora, pelat nomor dia “B 120 DEN” yang kalo dibaca “BRO DEN”. Usulan ini juga bisa bikin orang yang pengen pamer lebih gampang. Jadi, gak bisa seenaknya aja kalau mau punya plat nomor unik, harus bayar lebih dulu!

Sejauh ini kan pelat nomor custom yang pake nama orang itu berisi kombinasi angka huruf dan bisa didapetin dengan mudah tapi harganya nggak sebanyak yang Firman usulin, jadi harus keluarin ratusan juta buat plat nomor yang unik yang isinya huruf aja. Emang sih mahal banget, tapi mungkin inilah harga yang harus dibayar untuk keunikannya.

Sebenernya pemakaian nomor pelat unik yang berisi nama udah ada di beberapa negara, contohnya tuh di Selandia Baru, ada mobil Mercy yang plat nomornya “JOKOWI”. Mobil itu ternyata punya Mas Dedy Muardi, seorang pengusaha Indonesia yang asalnya dari Yogyakarta. Dia udah tinggal di Auckland, Selandia Baru sejak tahun 2001 bareng istri tercintanya, Mbak Lisye. Wah, pasti bangga banget deh punya plat nomor yang unik kaya gitu apalagi sampai didatangi pak Jokowi!

Usulan dari Kakorlantas Polri itu perlu dikaji lebih lanjut, karena ada banyak pertimbangan yang harus dipikirin kalo plat nomor pake nama ini jadi kenyataan. Contohnya, kalo plat nomor pake nama orang, apakah kendaraannya bakal bebas dari aturan ganjil genap? Kan selama ini kita punya aturan itu buat mengatur lalu lintas supaya lebih teratur. Kalo plat nomor nama bisa bebas dari aturan itu, mungkin bakal ada konsekuensinya sendiri. Jadi, perlu dipikirin gimana caranya agar tetep teratur tapi plat nomor namanya tetep unik.

Terus, gimana kita bisa mengidentifikasi sebuah kendaraan dengan plat nomor nama? Soalnya, selama ini plat nomor kendaraan kan punya kode wilayah yang nunjukin daerahnya. Nah, kalo pake nama orang, gimana caranya kita tau asal kendaraannya dari mana? Ini juga perlu dipikirin dengan serius supaya gak bikin kebingungan. Jadi, memang butuh kajian yang lebih mendalam sebelum usulan ini diwujudin. Kita perlu denger banyak pendapat dari berbagai pihak, termasuk para ahli dan pengguna jalan. Biar nanti keputusannya bisa memperhatikan semua aspek yang penting dan mendapatkan solusi yang terbaik buat menambah PNBP.

Gimana tertarik buat nomor plat dengan nama pribadi?

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar