Categories: Tips

Mengapa Mobil dengan Transmisi Matik Rentan Mengalami Masalah Rem di Jalan Menurun

Kerusakan rem, yang sering terjadi bukan hanya pada truk dan bus dengan muatan berat, juga dapat dialami oleh mobil-mobil pribadi. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rem mengalami kerusakan, baik itu kesalahan teknis maupun kurangnya antisipasi saat melewati turunan panjang.

Menurut Sony Susmana, Direktur Pelatihan Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mobil dengan transmisi otomatis cenderung lebih rentan mengalami kerusakan pada sistem rem. Hal ini disebabkan oleh beban kerja yang lebih berat pada sistem rem mobil otomatis.

“Mobil dengan transmisi otomatis umumnya tidak dilengkapi dengan engine brake, sehingga pengemudi seringkali tidak melakukan pengereman dengan hati-hati, akibatnya rem bisa overheat dan menyebabkan kerusakan,” jelas Sony.

Untuk menghindari kerusakan pada sistem rem, salah satu langkah antisipatif yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan downshift atau penurunan gigi ke gigi yang lebih rendah.

Ahmad Wildan, Investigator Senior dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), menyatakan bahwa ada beberapa jenis kerusakan pada rem, salah satunya dikenal sebagai brake fading.

“Brake fading terjadi ketika ada kabut panas yang terbentuk di antara kampas rem dan tromol, menghambat keduanya untuk bersentuhan. Kabut panas ini muncul karena sublimasi, yaitu perubahan fase dari padat ke gas ketika suhu permukaan kampas mencapai titik sublimasi,” papar Wildan.

Dia menambahkan bahwa saat rem bekerja secara berlebihan, suhu akan meningkat, termasuk pada minyak rem yang berperan dalam memindahkan tekanan.

Jadi, mobil dengan transmisi otomatis cenderung lebih rentan mengalami kerusakan pada sistem rem karena beban kerja yang lebih berat dan minimnya kontribusi dari engine brake dalam membantu pengereman.

pelatchat

Recent Posts

Di Era Prabowo BBM Tidak Lagi Disubsidi, Akan Diganti Dengan Uang Tunai

Di tengah perubahan kepemimpinan, mekanisme pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) tampaknya akan mengalami pergeseran.…

1 week ago

Macet Puncak Bogor Hingga Belasan Jam dan Seorang Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

Kemacetan parah kembali menghantui Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad…

2 weeks ago

Wajib Menunjukan QR Code Pertamina Ketika Ingin Membeli BBM Subsidi

Kebijakan baru siap diterapkan mulai 1 Oktober mendatang, membeli BBM bersubsidi seperti Biosolar dan Pertalite…

1 month ago

Siap-Siap Beli BBM Subsidi Pertalite Akan Dibatasi, Harus Punya Aplikasi MyPertamina!

Pemerintah kembali menyiapkan kebijakan yang mungkin akan mengundang berbagai reaksi. Kali ini, Kementerian Energi dan…

1 month ago

Pungutan Liar Sebesar Rp5000 di SPBU Pertamina Denpasar Bali

Sebuah video viral yang beredar di media sosial menunjukkan seorang petugas SPBU di Denpasar, Bali,…

2 months ago

Jokowi Meninjau Tol IKN Dengan Motor Modifikasi

Bersama menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para artis, Presiden Jokowi meninjau tol Ibu Kota Nusantara…

2 months ago