Pelajaran dari kecelakaan 5 mobil di Tol Wiyoto Wiyono.

Terjadi kejadian mencengangkan di KM 3 Tol Wiyoto Wiyono sektor Jatinegara menuju Cawang. Ada lima mobil yang terlibat dalam insiden itu, nih. Polisi Kompol Sutikno dari Satuan Patroli Jalan Raya Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa kejadian itu terjadi pada Jumat (9/6/2023). Kelima mobil itu pada saat itu sedang ngebut di jalur yang sama, dari Tanjung Priok ke Cawang.

Pas udah nyampe di tempat kejadian, salah satu mobil Honda City ditabrak dari belakang sama mobil lain. Tabrakan itu jadi penyebab terjadinya tumpukan mobil.

“Saat lagi ngebut du jalur cepat, mobil Honda City yang ada di tempat kejadian ditabrak dari belakang sama mobil lain (gue gak tau identitasnya soalnya kabur), trus akhirnya kejadian tumpukan mobil sepanjang 33 meter. Terakhirnya, kelima mobil itu kondisinya normal aja, jalannya ke arah selatan di jalur 3,” cerita Sutikno.

Tabrakan beruntun emang sering banget terjadi, bro, terutama kalo pengemudi gak bisa jaga jarak dengan baik. Nah, menurut Sony Susmana dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), jaga jarak itu penting banget, lho. Jarak aman itu artinya kita kasih ruang dan waktu buat ngecek dan antisipasi bahaya di jalan. Di tol, jarak aman itu diukur pake rumus empat detik. Maksudnya, jarak antara mobil yang kita kendarai dengan mobil di depannya harus setidaknya empat detik.

Cara ngitungnya itu berdasarkan waktu respons kita yang biasanya butuh 1,5-2 detik, ditambah lagi waktu pengereman mekanik yang kira-kira 0,5-1 detik.

“Satu detik buat nahan tenaga mobil yang lagi bergerak, satu detik lagi buat ngerem dan jarak tempuh, satu detik buat reaksi pengemudi (kalo tiba-tiba kaget dan pindahin kaki dari gas ke rem), dan satu detik lagi buat faktor keamanan,” jelas Sony.

Nah, itungan empat detik itu dimulai dari saat mobil yang kita kendarai lewat suatu titik tertentu. Kita bisa nyari objek yang gak gerak, misalnya pohon atau tiang, buat jadi patokan ngitung jarak.

Misalnya, kalo mobil di depan kita udah lewatin titik tertentu yang ditandai sama tiang listrik, berarti empat detik setelah itu mobil yang kita kendarai juga bakal lewatin titik yang sama. Itu artinya kita udah jaga jarak aman dengan mobil di depan.

Pengemudi kendaraan bermotor wajib ikutin batasan kecepatan minimal dan maksimal yang udah ditetapin. Kadang ada juga mobil yang lemot banget di jalur ngebut (lane hogger), padahal jalur itu seharusnya buat mobil yang ngebut-ngebutan.

Di jalur lambat juga gak boleh kelewat pelan karena sama berbahayanya. Tapi, juga gak boleh terlalu cepet. Di tol, kecepatan minimalnya 60 km/jam, dan kecepatan maksimalnya berkisar antara 80-100 km/jam. Pake jalur tol sesuai peruntukannya dan ikutin batasan kecepatannya, ya.

Selain itu, main ponsel juga bisa jadi penyebab kecelakaan beruntun, nih. Gak boleh main ponsel pas lagi nyetir, soalnya bisa mengalihkan perhatian kita. Kalo kita teralihkan sama ponsel, kita jadi kurang fokus sama mobil di depan dan jadi pelan. Bahkan bisa aja kita tiba-tiba pindah jalur atau ngebutin mobil kita tanpa sadar ada mobil di belakang kita, jadinya bisa kecelakaan deh. Jadi, tetep fokus aja waktu nyetir.

Satu lagi masalah yang bisa bikin kecelakaan beruntun itu microsleep alias tidur sejenak tanpa sadar. Meski cuma beberapa detik, mobil kita bisa aja pindah jalur atau tiba-tiba ngebutin. Pastinya ini berbahaya banget dan bisa jadi penyebab tabrakan beruntun. Jadi, solusi paling bener buat ngatasi kantuk itu cuma satu, yaitu tidur, meski cuma sebentar, misalnya 15 menit.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar