Categories: Tips

Ternyata Ini Alasan Ban Motor Mengalami Aus Sebelah

Penggunaan ban motor yang mengalami keausan atau penipisan adalah suatu hal yang wajar. Namun, perlu dicermati jika keausan terjadi secara tidak merata, karena hal ini dapat menjadi indikasi adanya masalah pada sektor suspensi. Konsumen yang menemukan bahwa ban motor aus hanya di satu sisi sebaiknya segera melakukan pemeriksaan di bengkel untuk mendapatkan perbaikan yang diperlukan demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Gio, pemilik Giovani Motor Klaten, menyampaikan bahwa keausan ban motor yang tidak merata dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Terjadi keausan ban tidak merata mengindikasikan adanya putaran roda yang tidak seimbang, sehingga saat motor dikendarai, kestabilan dapat terganggu atau bahkan membuat motor mudah oleng. Selain itu, keausan ban tidak merata juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan putaran roda, seperti kerusakan pada poros roda dan komponen serupa.

Pelek yang tidak rata juga dapat menjadi penyebab keausan ban yang tidak merata, karena pelek berperan sebagai penopang posisi ban. Jika pelek tidak rata, gesekan antara ban dan permukaan jalan akan lebih besar, mempercepat keausan ban. Gio menekankan bahwa penting bagi pengendara untuk dapat mendeteksi kerusakan pada motor mereka, meskipun diakui bahwa tidak semua orang mampu merasakannya. Ada pengendara yang terfokus pada tujuan dan kondisi jalan tanpa memperhatikan adanya masalah pada performa motor.

Gio menyoroti bahwa meskipun kerusakan komponen bisa terlihat secara fisik, terkadang ada kerusakan pada suatu komponen yang juga menjadi indikasi bahwa komponen lainnya juga mengalami kerusakan. Jika keausan ban tidak merata atau hanya terjadi di satu sisi, hal ini dapat menjadi tanda bahwa perlu perbaikan pada peredam kejut atau adanya gangguan lain yang menyebabkan putaran roda tidak seimbang. Dengan demikian, pengendara disarankan untuk tetap memperhatikan kondisi ban motor dan segera melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

pelatchat

Recent Posts

Di Era Prabowo BBM Tidak Lagi Disubsidi, Akan Diganti Dengan Uang Tunai

Di tengah perubahan kepemimpinan, mekanisme pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) tampaknya akan mengalami pergeseran.…

6 days ago

Macet Puncak Bogor Hingga Belasan Jam dan Seorang Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

Kemacetan parah kembali menghantui Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad…

2 weeks ago

Wajib Menunjukan QR Code Pertamina Ketika Ingin Membeli BBM Subsidi

Kebijakan baru siap diterapkan mulai 1 Oktober mendatang, membeli BBM bersubsidi seperti Biosolar dan Pertalite…

1 month ago

Siap-Siap Beli BBM Subsidi Pertalite Akan Dibatasi, Harus Punya Aplikasi MyPertamina!

Pemerintah kembali menyiapkan kebijakan yang mungkin akan mengundang berbagai reaksi. Kali ini, Kementerian Energi dan…

1 month ago

Pungutan Liar Sebesar Rp5000 di SPBU Pertamina Denpasar Bali

Sebuah video viral yang beredar di media sosial menunjukkan seorang petugas SPBU di Denpasar, Bali,…

2 months ago

Jokowi Meninjau Tol IKN Dengan Motor Modifikasi

Bersama menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para artis, Presiden Jokowi meninjau tol Ibu Kota Nusantara…

2 months ago