Waktu yang Tepat untuk Melakukan Gurah Mesin Mobil Anda

Gurah mesin merupakan cara buat mesin mobil kita tetap jalan kenceng dan bertenaga. Jadi, mesin mobil kita kalau ada kerak karbon di ruang bakarnya, bisa bikin masalah. maka, kerak karbon itu kayak kotoran yang nempel di mesin.

Kalo mesin kita kotor banget sama kerak karbon, bisa bikin mesin ngelitik, susah tarikannya, dan masalah lainnya. Jadi, penting banget buat bersihin kerak karbon itu biar mesin mobil kita tetep jalan bagus dan mengeluarkan polusi yang sedikit.

Lalu, gurah mesin ini tiadk harus tiap kali kita servis mesin loh. Menurut Muchlis, pemilik bengkel Toyota Mitsubishi, cukup lakukan gurah mesin maksimal setahun sekali atau setiap udah ngejar 10.000 Km. Jangan terlalu sering ya, soalnya gurah mesin ini pakai cairan kimia, dan terlalu sering bisa bikin masalah.

Bicara soal cairan kimia gurah mesin, ada dua jenis, ada yang foam dan yang water based. Cairan foam biasanya lebih mahal, karena bikinannya pake bahan kimia yang mudah terbakar. Nah, yang water based tuh lebih aman, karena terbuat dari air, mirip air sabun atau soda gitu.

Tapi inget guys, kalo gurah mesin kita terlalu sering, malah bisa bikin mesin jadi rusak. Kompresi mesin bisa turun dan performanya jadi jelek. Jadi, saran Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, gurah mesin itu paling banyak sekali setahun sekali aja, enggak boleh lebih sering. Jaga mesin mobil kita, ya! Agar aman di perjalanan dan dapat sampai tujuan dengan selamat tanpa adanya gangguan.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar