Categories: Tips

Waspada Risiko Menggunakan Kasur di Kabin Mobil Saat Berpergian Liburan

Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menyaksikan banyaknya masyarakat yang memilih melakukan perjalanan jauh dengan mobil mereka untuk merayakan momen ini bersama keluarga. Ini menjadi alternatif yang diambil mengingat biasanya tiket pesawat dan kereta api mengalami lonjakan harga selama musim liburan. Mengendarai mobil pribadi menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk mengatasi kenaikan harga tersebut.

Namun, dalam perjalanan bersama keluarga, terutama bagi yang membawa anak kecil, ada kebiasaan yang beberapa pemilik kendaraan lakukan. Mereka sering memodifikasi mobil dengan menata kasur di kabin untuk memastikan kenyamanan anak-anak selama perjalanan jarak jauh.

Jusri Pulubuhu, Direktur Pelatihan dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menjelaskan bahwa mengubah kabin kendaraan menjadi tempat tidur adalah tindakan yang tidak aman dalam berkendara. “Secara umum, berdasarkan penelitian dan tes yang dilakukan, segala sesuatu yang tidak terikat dalam kendaraan saat terjadi benturan atau tabrakan, akan bergerak dengan kecepatan yang sama seperti kendaraan,” ujar Jusri. Dia menambahkan, “Misalnya, jika terjadi kecelakaan dan mobil sedang bergerak dengan kecepatan 100 km per jam, barang-barang yang tidak terikat di dalam mobil juga akan bergerak dengan kecepatan yang sama.”

Sementara itu, Sony Susmana, Direktur Pelatihan dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menegaskan bahwa menata kasur di dalam kabin hanya diperbolehkan saat kendaraan berhenti untuk pengemudi beristirahat. Ini tidak diperkenankan saat mobil sedang bergerak. “Ibu pertama-tama tetap wajib menggunakan sabuk pengaman saat mobil bergerak. Penataan ulang kabin ini justru dapat menyebabkan kecelakaan yang lebih serius, bahkan berpotensi fatal,” ungkap Sony.

“Jika anak terlalu kecil, penggunaan car seat bisa menjadi solusi yang aman. Pabrikan kendaraan sendiri telah menganjurkan penggunaannya,” tambahnya. Menurutnya, penggunaan car seat sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan akan membantu memastikan keamanan anak selama perjalanan.

pelatchat

Recent Posts

Di Era Prabowo BBM Tidak Lagi Disubsidi, Akan Diganti Dengan Uang Tunai

Di tengah perubahan kepemimpinan, mekanisme pemberian subsidi bahan bakar minyak (BBM) tampaknya akan mengalami pergeseran.…

6 days ago

Macet Puncak Bogor Hingga Belasan Jam dan Seorang Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

Kemacetan parah kembali menghantui Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad…

2 weeks ago

Wajib Menunjukan QR Code Pertamina Ketika Ingin Membeli BBM Subsidi

Kebijakan baru siap diterapkan mulai 1 Oktober mendatang, membeli BBM bersubsidi seperti Biosolar dan Pertalite…

1 month ago

Siap-Siap Beli BBM Subsidi Pertalite Akan Dibatasi, Harus Punya Aplikasi MyPertamina!

Pemerintah kembali menyiapkan kebijakan yang mungkin akan mengundang berbagai reaksi. Kali ini, Kementerian Energi dan…

1 month ago

Pungutan Liar Sebesar Rp5000 di SPBU Pertamina Denpasar Bali

Sebuah video viral yang beredar di media sosial menunjukkan seorang petugas SPBU di Denpasar, Bali,…

2 months ago

Jokowi Meninjau Tol IKN Dengan Motor Modifikasi

Bersama menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para artis, Presiden Jokowi meninjau tol Ibu Kota Nusantara…

2 months ago