Pentingnya Mencuci Mobil Setelah Menerobos Banjir

Curah hujan yang cukup tinggi di sejumlah wilayah Indonesia kerap mengakibatkan banjir yang melanda jalan-jalan. Dampaknya, beberapa ruas jalan menjadi tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor, memaksa pengguna jalan mencari jalur alternatif. Namun demikian, masih ada pengendara, terutama pengemudi mobil, yang nekat menerobos genangan air.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah, menekankan bahwa pengendara yang hendak melintasi banjir sebaiknya mengetahui batas aman hanya setengah dari diameter ban mobil. Ia juga mengingatkan pentingnya mencuci mobil setelah melalui banjir agar kotoran yang menempel bisa segera hilang.

“Penting untuk segera membersihkan mobil setelah melintasi banjir karena kotoran yang menempel di bodi mobil sulit untuk dihilangkan jika dibiarkan,” ujar Iwan.

Didi Ahadi, Kepala Departemen Dukungan Teknis Dealer PT Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa mencuci mobil dengan air tawar merupakan langkah yang baik setelah melalui banjir. “Mobil yang terkena genangan air atau hujan sebaiknya segera dicuci, menggunakan air tawas atau sumur, untuk mencegah kotoran menempel di bodi mobil dan kaca,” kata Didi.

Dengan membersihkan mobil secara rutin setelah melalui banjir atau hujan, kotoran yang menempel akan lebih mudah hilang dan menjaga mobil tetap bersih.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar