Cek Tekanan Ban, Agar Hemat BBM

Harga bensin sekarang memang udah naik, sama kayak harga minyak dunia. Jadi, kita yang suka naik motor harus usaha biar hemat bensin. Ternyata, hemat bensin pas nyetir itu gak sulit, asal kita ikutin saran dari pabriknya. Salah satu saran yang diberikan sama pabrik adalah soal tekanan ban motor. Tapi sayangnya, orang Indonesia sering lupa cek tekanan ban motornya. Biasanya sih, selama ban masih bulat dan motor masih bisa jalan, yaudah anggap aman aja.

Padahal, menurut Wahyu Budhi, instruktur dari Technical Service Department Wahana Makmur Sejati (WMS), tekanan ban yang sesuai itu gak cuma bikin nyaman aja, tapi juga bikin lebih hemat bensin. “Keliatannya remeh, tapi kalo kita ikutin saran dari pabrik, hal-hal kecil kayak tekanan ban yang pas atau ganti oli yang rutin bisa bikin motor lebih irit,” kata Wahyu.

Biasanya, orang disarankan buat ganti oli tiap 2.000 kilometer atau kalo motor jarang dipake, bisa ganti setiap enam bulan sekali. Jadi nanti oli di mesinnya tetep bagus dan bikin mesin kerjanya ringan. Tips lain dari Wahyu adalah periksa sistem pengapian, khususnya busi. Lebih baiknya, busi harus dalam kondisi yang bagus biar bisa hasilin ledakan yang sempurna dan tenaga yang keluar jadi maksimal. Sebenernya, kalo kita modifikasi motor buat nambah performanya, itu juga bakal ngaruh ke konsumsi bensin. Apalagi kalo modifikasinya nggak bener, hasilnya nggak bakal maksimal dan motor jadi lebih boros.

“Pengukuran yang kurang tepat pas modifikasi mesin yang fokusnya kecepatan bisa ngaruhin konsumsi bensin dan berisiko rusakin motor,” kata Wahyu. Belum lagi kalo modifikasinya udah sampe ke bagian dalam mesin, kelistrikan, dan saluran buang. Kalo modifikasinya nggak tepat, korbananya bisa mesinnya jadi rusak.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar