Hati-hati! Terobos Genangan Air Dapat Membuat Rem Mobil Terganggu

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan akan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diprediksi akan melanda pada periode mudik Lebaran 2024, terutama di rentang waktu 5 hingga 11 April 2024 mendatang.

Menurut Guswanto, dari BMKG, perkiraan menunjukkan bahwa intensitas hujan kemungkinan akan mengalami penurunan dan berubah menjadi hujan ringan setelah tanggal 12 April 2024.

Dalam respons terhadap prediksi cuaca, Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten, menyarankan untuk melakukan penyesuaian dalam penggunaan mobil saat musim hujan, terutama terkait dengan penggunaan rem tangan.

“Dalam musim hujan, penggunaan rem tangan saat parkir bisa menyebabkan masalah, seperti kemungkinan macetnya rem. Ini disebabkan oleh reaksi antara kampas rem dan tromol saat kondisi rem basah, yang dapat menyebabkan korosi,” ungkap Hasan.

Hasan menjelaskan bahwa masalah terjadi ketika kampas rem mengering, yang dapat mengakibatkan rem menjadi lengket. Hal ini dapat menyebabkan roda tetap tidak berputar meskipun tuas rem tangan sudah dilepaskan.

“Oleh karena itu, lebih baik untuk tidak menggunakan rem tangan saat parkir di musim hujan. Sebagai gantinya, disarankan untuk menggunakan balok sebagai pengganjal roda, dengan catatan permukaannya tidak miring,” saran Hasan.

Dia menambahkan bahwa penggunaan balok di kedua sisi roda kanan-kiri, serta depan-belakang, dapat cukup aman untuk mencegah mobil bergeser saat parkir.

Hasan juga memperingatkan bahwa jika rem parkir mengalami masalah, mobil mungkin tidak dapat digunakan kecuali dilakukan perbaikan oleh ahlinya atau mobil harus di-towing ke bengkel.

“Memperbaiki rem mobil yang macet bisa sangat sulit. Oleh karena itu, lebih baik mencegah risikonya dengan tidak menggunakan rem tangan saat parkir, terutama saat musim hujan,” pungkas Hasan.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar