Tingkat Kejahatan Meningkat Drastis Mendekati Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024

Polres Metro Jakarta Utara siap menghadapi kemungkinan terjadinya kejahatan selama masa libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah yang bersamaan dengan pelaksanaan Operasi Ketupat pada rentang tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Utara, menjelang Lebaran, terjadi perkembangan dinamika ekonomi yang membuat beberapa orang cenderung mencari cara cepat dan praktis untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Momentum mendekati Lebaran kerap dimanfaatkan oleh pelaku kriminal untuk melancarkan aksinya, termasuk melakukan pencurian di rumah dan mencuri kendaraan bermotor.

Tingkat keberanian pelaku tindak kejahatan semakin meningkat di wilayah hukum Polres Bungo. Ini terlihat dari aksi tiga pelaku yang nekat mencuri sepeda motor NMAX di parkiran Hest Caffe, di Kecamatan Pasar Muara Bungo, pada malam Jumat (15/3). Saat kejadian, area parkir masih ramai pengunjung, namun para pelaku tidak menyadari adanya kamera pengawas di sekitar kafe tersebut.

Polri mencatat adanya peningkatan kasus kejahatan menjelang Lebaran 2024. Pada Senin, 25 Maret 2024, terdapat total 2.427 kasus gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), sedangkan pada Minggu, 24 Maret 2024, terjadi 1.312 kasus.

“Secara keseluruhan, terjadi peningkatan kasus gangguan kamtibmas sebanyak 1.115 kasus atau 84,98 persen,” ungkap Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, kepada awak media pada Rabu, 27 Maret 2024.

Trunoyudo menambahkan bahwa dari data tren jenis kejahatan, terdapat beberapa kasus yang menjadi sorotan pihak kepolisian, termasuk pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak 216 kasus, narkotika sebanyak 197 kasus, pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sebanyak 58 kasus, judi sebanyak 35 kasus, dan pencurian dengan kekerasan (curas) sebanyak 30 kasus.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan Minggu sebelumnya, di mana terdapat 317 kecelakaan pada akhir pekan tersebut.

Sponsor: Baca berita yang up to date, independent, dan terpercaya di indonesiapublisher.com

Related Posts

Berikan Komentar